Alasan Mutu Pendidikan di Indonesia Saat Ini yang Masih Rendah

Alasan mutu pendidikan di Indonesia saat ini yang masih rendah.  Indonesia adalah negara yang mempunyai kekayaan alam sangat melimpah. Tidak lupa dengan jumlah sumber daya manusia yang mendukung tujuan negara dalam proses pembangunan. Banyak penduduk Indonesia yang mempunyai potensi untuk mengembangkan negara ini. Salah satunya dalam bidang pendidikan yang masih banyak peminat untuk menuntut ilmu di negeri ini. Pendidikan yang menjadi prioritas saat ini membutuhkan waktu dalam mencapai tujuan sukses seseorang.

pendidikan di Indonesia saat ini

Baca artikel lain di http://www.tepeide.com/

Pada dasarnya, pelajar Indonesia banyak yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi bahkan mempunyai prinsip sebelum mendapatkan gelar jangan pantang meraih gelar. Dengan adanya semangat generasi muda dapat meningkatkan pendidikan di Indonesia saat ini yang relatif rendah. Banyak yang berebut mendapatkan pendidikan yang layak dan memperoleh fasilitas dengan maksimal. Karena mendapatkan fasilitas yang di sediakan dengan adanya program pemerintah menambah semangat dari pelajar dalam meraih gelar.

Tetapi masih banyak juga yang tidak tertarik dengan pendidikan sebab faktor ekonomi bahkan meyakini bahwa meraih gelar tidak menjamin seseorang sukses. Apalagi dengan kondisi sistem pendidikan Indonesia cukup tidak baik membuat pelajar/ mahasiswa hanya melakukan dengan apa adanya. Berbeda dengan generasi muda yang semangat menuntut ilmu mereka mempertimbangkan sistem pendidikan indonesia dengan luar negeri tidak dapat di samakan. Oleh karena itu yang menyebabkab pendidikan indonesia belum bisa menjadi tujuan utama dari seorang pelajar.

Inilah Penyebab dari Mutu Pendidikan di Indonesia Saat Ini Masih Rendah

Kurangnya Tenaga Pendidik yang Profesional

Penyebab dari rendahnya pendidikan Indonesia salah satunya jumlah tenaga pendidik yang belum bisa mencapai dengan taraf standart yang di tentukan. Jumlah sumber daya manusia yang banyak tidak semua bisa dan mau melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Faktor adat, ekonomi juga mempengaruhi manusia tidak mau melanjutkan penddikannya. Dengan adanya adat yang ada juga mengurangi daya tarik seseorang dalam meraih gelar. Dari sini dapat di lihat mutu pendidikan di Indonesia saat ini masih rendah.

Sistem Belajar yang Kurang Efektif

Di Indonesia masih mempunyai budaya belajar dalam satu arah. Sistem belajar seperti ini menyebabkan banyak anak malas mengikuti proses kegiatan sekolah. Selain itu masih menerapkan sistem belajar yang kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Seharusnya anak dapat menangkap ilmu yang di peroleh dengan maksimal tetapi dengan adanya kendala seperti ini menyebabkan daya tarik siswa berkurang. Metode bertanya dan diskusi juga jarang di terapkan oleh guru dalam proses mengajar. Padahal dengan melibatkan banyak anak dalam proses belajar dapat menambah daya tarik siswa.

Mencontek Menjadi Budaya 

Budaya di Inonesia mencontek menjadi hal yang wajar bagi siswa. Bahkan ketika yang lain tidak bisa mengikuti aturan itu akan menjadi bullying antar teman. Tradisi ini yang menyebabkan anak malas belajar pada akhirnya berdampak pada nilai serta perilaku ke depannya. Berbeda dengan negara maju pendidikannya, mencontek tidak ada bahkan menjadi hal harus di hilangkan. Dengan adanya mencotek akan menyebabkan perilaku ke depannya dan ketika sudah menjadi seseorang akan berdampak pada kejujuran seseorang tersebut. Hal ini penyebab mutu pendidikan di Indonesia saat ini masih lemah di bandingkan dengan negara yang maju di bidang pendidikan.

Itulah alasan dari mutu pendidikan di  Indonesia saat ini masih rendah. Uraian di atas semoga dapat menjadi inspirasi generasi saat ini untuk meningkatkan pendidikannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *