Dampak yang disebabkan dari teknologi pertanian masa depan

Ada beberapa dampak yang disebabkan dari teknologi pertanian masa depan. Teknologi telah berkembang pesatdi zaman sekarang. Terutama dalam bidang pertanian. Teknologi pertanian merupakan sebuah alat penerapan yang menggunakan mesin untuk membantu masyarakat dalam bidang pertanian. Pertanian sendiri merupakan sumber pendapatan masyarakat, terutama masyarakat indonesia yang sebagian besar pendudukunya bekerja sebagai petani.

teknologi pertanian masa depan

Baca juga artikel lain di : http://www.tepeide.com/

Teknologi pertanian terutama di indonesia sudah mempunyai kualitas yang baik dan sangat canggih. Teknologi ini mampu membantu penduduk indonesia menjadi lebih maju lagi. Jika dahulu masih menggunakan alat yang kuno, dengan adanya alat ini masyarakat tidak perlu lagi bersusah payah dalam menjalankan segala kegiatan pertanian. Tentunya alat-alat tersebut mempunyai dampak tersendiri bagi masyarakat baik dampak positif maupun negatif.

Dampak-dampak tersebut  dapat menguntungkan bahkan dapat merugikan masyarakat. Banyak masyarakat yang senang dengan adanya teknologi pertanian masa depan tersebut. Tetapi banyak juga dari masyarakat yang tidak senang dengan adanya teknologi itu, banyak dari mereka yang menganggap dengan adanya teknologi yang canggih membuat para buruh tani tentunya kehilangan pekerjaan. Karena sebagian masyarakat-masyarakat kecil juga bekerja sebagai buruh tani.

Setelah makin berkembangnya teknologi-teknologi canggih, yang membutuhkan tenaga buruh juga akan semakin sedikt. Hal itu sangat berdampak bagi ekonomi para buruh tani. Tetapi untuk petani itu sendiri, dengan adanya teknologi tersebut merupakan alat yang sangat menguntungkan. Banyak dari mereka yang beranggapan bahwa dengan adanya alat ini kita lebih praktis dalam kegiatan pertanian seperti contohnya mesin untuk memanen padi.

Apa Keuntungn Adanya Teknologi Pertanian Masa Depan?

Jika dizaman dahulu masyarakat memanen padi dengan cara memukul padi pada sebuah papan, maka sekarang tidak perlu lagi. Sudah ada mesin untuk membantu para petani memanen padi dari proses pemotongan hingga pengantongan hasil panen  pada karung. Teknologi pertanian masa depan tersebut sangat memudahkan bagi para petani dan tentunya sangat efisien dalam hal waktu. Kita tidak perlu lagi memukul batang padi, hal tersebut malah membuat padi akan berantakan kemana-mana dan bahkan bisa membuat beras yang di hasilkan sedikit.

Inilah beberapa dampak yang diidapat dari teknologi pertanian

Dampak positif

Sudah pasti banyak dampak positif yang kita dapat dengan adanya teknologi pertanian tersebut. Dampak positif dari adanya teknologi ini adalah dapat meningkatkan produktivitas bagi para petani. Sehingga pekerjaan petani akan semakin efektif dan efisien. Dan juga dapat memajukan petani yang tadinya hasil panen selalu kalah dari yang lain. Dan mungkin dengan menggunakan bantuan teknologi ini dapat membuat para petani mampu bersaing dengan yang lain bahkan juga berkemungkinan bersaing dengan negara ngera tetangga.

Dampak negatif

Tetapi dibalik dampak positif itu teknologi pertanian masa depan juga berdampak negatif. Tentunya bagi para buruh tani dan bahkan bagi tanaman juga akan merasakan dampak. Tidak Cuma buruh tani yang kehilangan pekerjaan, bahkan juga hilangnya alat-alat tradisional. Yang biasa di pakai seperti pembajak sawah dengan menggunakan sapi atau kerbau. Teknologi pertanian ini kemungkinan menggunakan peptisida yang cukup banyak. Hal itu akan membuat tanaman tercemar.

Itulah beberapa dampak dari teknologi pertanian masa depan yang kita dapat. Kita boleh saja menggunakan alat-alat tersebut. tetapi kita juga jangan melupakan alat-alat yang dahulu kita pakai. Lalu, berilah sedikit peluang bagi buruh tani agar juga mendapatkan keuntungan dari teknologi-teknologi tersebut. Kita harus lebih meningkatkan lagi dalam hal pertanian agar mudah bersaing dengan negara-negara asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *